Mengenal Danau Weekuri

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Sumba menjadi salah satu destinasi wisata favorit karena keindahan alamnya. Kalau liburan ke sini, kamu wajib ke Danau Weekuri yang terletak di Desa Kalena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Kedalaman Danau Weekuri berkisar antara 30 cm hingga 2,5 meter, tapi saat air sedang pasang kedalaman danau bisa mencapai 5 meter, lho.

Nama Weekuri sendiri berasal dari bahasa Sumba yang berarti air percikan. Itu karena danau ini terbentuk dari percikan air laut yang menembus batu karang sehingga membentuk laguna tersendiri. Sebelum ke sini, kamu harus simak dulu fakta tentang Danau Weekuri!

1. PUNYA KADAR GARAM YANG TINGGI

Danau Weekuri merupakan danau air asin, berasal dari air laut yang menembus batu karang yang mengelilingi danau. Karena kadar garamnya tinggi, kamu bisa mengapung tanpa harus menggunakan pelampung, lho. Uniknya lagi, kamu bisa mengapung dalam waktu yang cukup lama.

2. BATUAN CANTIK DI PINGGIR DANAU

Danau Weekuri dikelilingi oleh batuan cantik yang sering disambangi pengunjung sebagai tempat berteduh. Mulai dari batuan gua yang membentuk stalaktit hingga stalagmit. Selain itu ada juga batuan karang yang ditumbuhi oleh tumbuhan seperti kaktus. Kalau kamu perhatikan, di tengah-tengah karang juga menjadi tempat kawanan tawon untuk singgah dan berkembang biak.

3. WARNA GRADASI DI AIR DANAU

Beberapa titik air di Danau Weekuri memiliki gradasi warna yang cantik. Ada yang berwarna biru, kehijauan, hingga putih dari pantulan dasar danau. Saat berenang di sini, kamu juga bisa merasakan suhu air yang berbeda-beda. Ada yang hangat ada juga yang dingin. Unik, ya?

4. AKSES YANG CUKUP TERBATAS

Kamu perlu tahu, nih, kalau akses menuju Danau Weekuri masih terbilang cukup sulit. Ada beberapa titik jalan yang masih belum berlapis aspal. Kamu harus berhati-hati karena jalan bisa menjadi licin. Petunjuk jalan menuju Danau Weekuri juga masih minim. Makanya, jangan segan-segan untuk bertanya pada penduduk sekitar mengenai arah menuju danau, ya!

5. MENJADI MAGNET WISATAWAN

Walaupun begitu, Danau Weekuri masih tetap menjadi magnet para wisatawan lokal dan mancanegara. Di akhir pekan dan musim liburan, ratusan orang datang setiap harinya untuk menikmati pemandangan di Danau Weekuri.

6. WAKTU UNTUK BERKUNJUNG

Kalau kamu mau berkunjung ke Danau Weekuri, waktu yang dianjurkan adalah mulai jam 4 sore. Di waktu ini, kamu bisa melihat air danau yang sangat biru dari pantulan sinar matahari yang telah bergerak ke barat. Kamu juga bisa sekalian melihat pemandangan sunset di jam ini.

Terimakasih sudah mau membaca dan jangan lupa dishare ya ke teman kamu yang barangkali membutuhkan informasi ini.

Sampai jumpa di Labuan Bajo!