Sailing Komodo : Menjelajah Indahnya wisata alam di gugusan pulau Labuan Bajo

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Sailing Komodo merupakan wisata menjelajah melalui jalur laut untuk menuju pulau-pulau disekitar Labuan Bajo. Banyak sekali pulau dan pantai yang sangat indah di Labuan Bajo yang wajib kalian kunjungi. Selain wisata alam, terdapat juga wisata bawah laut dan tidak ketinggalan atraksi utama yaitu melihat Komodo yang merupakan satu-satunya hewan peninggalan purba yang ada di dunia.

Komodo sendiri merupakan hewan yang dilindungi oleh pemerintah, hewan yang merupakan spesies terbesar dari familia Varanidae, sekaligus kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2-3 meter dan beratnya bisa mencapai 100kg. untuk informasi lebih lengkapnya mengenai komodo dapat kalian baca disini.

Ada berbagai macam paket wisata untuk melakukan sailing komodo, seperti open trip 3D2N, open trip 2D1N, dan one day sailing. Open trip ini memungkinkan wisata bergabung dengan grup wisata lainnya, selain dapat berbagi pengalaman dan momen-momen menarik, kalian juga dapat merasakan betapa indahnya alam pada saat berlayar ke pulau-pulau tujuan nantinya.


Selain Sailing Komodo open trip, terdapat juga paket wisata private trip, paket wisata sailing komodo private trip ini merupakan paket tour wisata yang sangat cocok untuk group keluarga, gathering, dan kalian yang lebih menyukai privasi saat berlibur di Labuan bajo.

Dari kedua opsi tersebut memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing tergantung dengan kebutuhan wisata kalian. Dan pastinya kalian dapat menikmati keindahan alam dengan cara kalian. Lalu apa saja sih wisata alam favorit yang dapat kita nikmati pada saat Sailing komodo


  • Pulau Padar

Pulau Padar adalah pulau ketiga terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Menurut data BBC di pulau padar terdapat populasi komodo sebanyak enam ekor, namun kini sudah jarang ditemukan komodo bahkan tak pernah terlihat lagi selama tahun 2019 ini populasi komodo di pulau padar.

Top 5 Salah satu spot foto favorit di Pulau Padar

Di Pulau Padar sendiri terdapat delapan top spot favorit wisatawan untuk melakukan photo shoot, namun yang menjadi favorit adalah top 3, 4, dan 5.


Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape. (Sumber : Wikipedia).

Pintu masuk pulau Komodo

Untuk melihat komodo di pulau ini kita harus  berjalan sedikit atau biasa disebut medium track. Di Pulau Komodo sendiri menurut data BBC terdapat 1727 populasi komodo.


  • Pulau Rinca

Pulau Rinca kini menjadi spot favorit untuk melihat Komodo di TNK, berbeda dengan pulau Komodo, untuk melihat dan berfoto dengan komodo kita hanya perlu berjalan sebentar (short track) di Pulau yang juga termasuk bagian dari situs wisata warisan dunia UNESCO.

Pulau Rinca di Taman Nasional Komodo

Menurut data BBC Di pulau Rinca ini terdapat 1049 populasi komodo, terbanyak kedua setelah pulau komodo.


  • Manta Point

Setelah menikmati atraksi darat dengan Komodo, Bagi kalian yang senang bermain air, di Manta Point ini kalian dapat berenang ditemani para Manta Ray atau biasa kita kenal dengan Ikan Pari.

Salah satu spot snorkling di Manta Point

Berbahaya ? tentu tidak, karena Mata Ray di Labuan Bajo sudah biasa dengan kehadiran para turis, akan tetapi kami sarankan untuk tidak panik saat mendekatinya dan selalu menjaga jarak dengan Manta Ray ini.


  • Pink Beach

Yang terakhir adalah Pink Beach atau pantai pink, disebut pantai pink karena memang butiran pasir di pantai ini berwarna merah muda. Selain itu Pink beach menawarkan perpaduan birunya laut dan gunung.

Landscape Pink Beach menawarkan perpaduan bukit dan pantai yang memanjakan mata

Di Pink Beach ini kalian dapat melakukan aktivitas seperti berjemur, bermain pasir, snorkeling, dan tentunya berenang.


Masih banyak lagi wisata alam dan bahari yang kalian dapat nikmati saat sailing komodo bersama dengan Jalan Ke Timur. Seperting Pulau Kelor, Taka Makkasar, Manjarite, dan masih banyak lagi. Jadi tunggu apa lagi, untuk masalah budget, Jalan ke Timur dapat menyesuaikan dengan isi kantong anda, jadi jangan lewatkan petualangan kalian menjelajah Indonesia di Labuan Bajo Bersama Jalan Ke Timur. Kami tunggu di sini kau orang.